TAHAP PEMIJAHAN IKAN LELE


Setelah beberapa saat refreshing dengan posting" dari topik yang berbeda sekarang kembali fokus pada topik mengenai ikan. Tahap sebelumnya kita sudah membahas mengenai persyaratan lokasi dan cara memilih indukan yang baik. Pada thapan ini saya akan membahas mengenai bagaimana cara memijahkan ikan lele. metode pemijahan yang akan kita pelajari kali ini adalah metode pemijahan tingkat pemula (metode tradisional), tapi jangan kuatir meskipun metodenya masih tahap pemula akan tetapi dengan usaha yang sungguh-sungguh hasil benih yang didapat pun akan berlimpah. Metode yang saya sampaikan disini berdasarkan beberapa referensi yang saya pelajari dan juga berdasarkan praktek pemijahan yang telah saya lakukan.

Tahap-tahap yang perlu kita lakukan antara lain :
  1. Pemilihan indukan, untuk cara pemilihan indukan bisa dilihat pada posting saya sebelumnya. Pilihlah 1 ekor induk jantan dan satu ekor induk betina yang benar-benar sesuai dengan kriteria yang sudah saya sampaikan.(Untuk keadaan tertentu seperti indukan betina yang terlalu kecil maka anda dapat mengganti perbandingan 1 jantan : 1 betina dengan 1 jantan : 2 betina).
  2. Setelah tahap pemilihan selesai masukkan indukan ikan lele pada kolam yang telah diberi kakaban (bisa ijuk, daun kelapa atau pun genteng tanah) dan diisi air sekitar 30 cm. Lakukan proses pemilihan dan penempatan di kolam pada sore hari antara jam 3 sampai dengan jam 5 sore ( hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan indukan untuk beradaptasi terhadapa lingkungan barunya sebelum melakukan pemijahan dimalam harinya.
  3. Proses pemijahan akan terjadi pada rentang waktu antara tengah malam hingga dini hari. Yang perlu diingat selama induk lele berada di kolam pemijahan jangan memberikan pakan karena dapat memcu stres.
  4. Biarkan induk lele selama semalam di kolam pemijahan dan anda dapat memeriksa kolam saat pagi hari sekitar pukul 5 sampai dengan pukul enam. bila proses pemijahan berhasil akan tampak butiran-butiran kecil berwarna putih kekuningan yang menempel pada ijuk. Biasanya setiap indukan lele yang sehat dan baik akan mengelurkan telur antara 20.000 - 30.000 butir per Kg berat induk betina.
  5. Langkah selanjutnya adalah pengambilan indukan dari kolam pemijahan. Pengambilan indukan bisa menggunakan seser dengan syarat  lakukan setenang mungkin sehingga indukan tidak melakukan banyak gerakan yang dapat merusak telur di sekitarnya ( ada beberapa metode yang membiarkan indukan jantan tetap dikolam sampai umur tertentu, tetapi metode yg saya praktekkan adalah pengambilan semua indukan)
  6.  Induk lele yang telah diambil tersebut letakkan pada kolam terpisah (jangan dicapur dengan indukan lele yang lain). Hal tersebut dikarenakan proses pemijahan membutuhkan energi yang cukup besar sehingga induk lele dalam kondisi lemah dan riskan diserang oleh indukan lele lainnya.
  7. Kembali mengenai telur yang berada dikolam pemijahan. Kolam yang berisi telur lele tersebut sebaiknya mulai diberi kucuran air untuk memberi pasokan oksigen ke air ( karena proses penetasan membutuhkan oksigen, hal itu pula yang mendasari air untuk pemijahan hanya 30 cm sehingga difusi oksigen dari udara bisa membantu proses penetasan.
  8. Setelah 1 - 3 hari biasanya telur lele akan mulai menetas menjadi larva lele yang berwarna transparant . proses penetasan akan berlangsung bertahap memakan waktu 2 - 3 hari
  9. Setelah proses penetasan selesai anda dapat mengambil kakaban yang berada di kolam dengan cara pengambilan sedikit digoyang"kan sehingga tidak ada larva lele yang menempel/ terbawa dikakaban (pengambilan kakaban diperlukan agar tidak timbul jamur yang menempel di kakaban dan menyebabkan larva terserang jamur)
  10. Larva lele yang telah menetas tidak perlu diberi makan hingga umur 4 hari karena rentang pada rentang waktu tersebut ketersediaan makan untuk larva masih dipenihi oleh yolk (kuning telur) dari larva itu sendiri.
Untuk tahap selanjutnya akan saya bahas pada TAHAP PEMELIHARAAN BENIH LELE.

Post a Comment

8 Comments

  1. haih kayaknya simpel ya....coba praktein ah....

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. trimakasih atas masukannya yang sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  4. Saya memfokuskan
    usaha pada
    pembenihan bibit
    lele sangkuriang.
    Bagi yang
    membutuhkan bibit
    lele sangkuriang.
    Untuk wilayah Solo
    dan sekitarnya saya
    antar gratis. Bibit
    berkualitas karena
    dari indukan
    bersertifikat dari
    BBAT. Kami siap
    membantu Anda
    sukses dalam
    berternak lele.
    Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual
    bibit saja. Bibit yg
    saya kirim. Bila sudah
    panen akan saya beli
    bila Anda kesulitan
    menjual. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/
    Rw 03/06,
    Karangmojo,
    Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Yg butuh bibit lele,di daerah jawa timur(bondowoso)
    MINA TANI,
    Menyediakan bibit sangkuriang,phyton,

    Saya sarankan buat pemula,lebih baik pakek jenis phyton

    ReplyDelete
  7. Apa ada pengaruh ya klo kita pindahn kakaban dahulu baru induk ya, krna indukn susah di tangkap

    ReplyDelete