Jaring Insang (Gill net)

1.    Pengertian

Yang dimaksud dengan jaring insang (gill net) ialah suatu alat tangkap yang bahannya dari jaring berbentuk emapat persegi panjang yang bagian atas dilengkapi dengan tali ris atas yang digunakan untuk meggantungkan jaring dan utuk menempatkan pelampung jaring, sedangkan pada bagian bawah di pasang tali ris bawah dan dipergunakan untuk memasang menempatkan pemberat jaring. Kadang ada yang tanpa tali ris bawah apabila jaring insang berasal dari Palyamid multifilament (nylon) karena pemberatnya menggunakan jaring dari bahan benang saran.

Jaring insang mempunyai banyak sebutan (nama lokal) antara lain jaring insang, jaring senar, jaring sirang, jaring klitik, jaring puntal, jaring hanyut / nilon, jaring kantong.

2.    Prinsip Penangkapan

Dalam pengoperasiannya jaring insang pada umumnya dipasang tegak lurus dipermukaan atau di dalam air, menghadang atau memotong jalur migrasi kawanan ikan sehingga ikan-ikan (kawanan ikan) yang melewatinya akan terjerat insangnya atau terpuntal.

Jaring insang tergolong alat tangkap yang pasif yang dapat dioperasikan dengan menghanyutkan disepanjang lapisan permukaan air selanjutnya disebut jaring insang hanyut atau dipasang dibiarkan tetap berada disepanjang dasar perairan, kemudian disebut jaring insang dasar.

Post a Comment

0 Comments