Kalkulator budidaya ikan lele


Keboen Ikan - Kalkulator budidaya ikan  lele ditujukan untuk anda yang baru ingin memulai usaha lele atau yang ingin menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan untuk budidaya pembesaran lele tetapi malas untuk corat-coret, malas pencet" kalkulator, dan malas buka excel. Kalkulator budidaya ini hanya merupakan gambaran secara general (tidak mendetail) untuk mengetahui perkiraan jumlah dan biaya benih, jumlah dan biaya pakan, serta prediksi hasil panen mencangkup laba/rugi yang anda peroleh sesuai dengan luasan kolam yang anda miliki.

Cara penggunaan Kalkulator budidaya :
1. Silahkan isi form kalkulator budidaya ikan dibawah ini yang meliputi (isi form dengan angka saja ) :
  • Padat tebar --> silahkan diisi sesuai kepadatan perm2 yg anda inginkan, untuk pemula    kami  sarankan kepadatan antara 50 ekor - 100 ekor per m2.
  • Panjang kolam --> silahkan diisi dengan panjang kolam anda (tanda koma diganti tanda titik contoh panjang kolam 1,5  ditulis 1.5)
  • Lebar kolam --> silahkan diisi dengan lebar kolam anda (tanda koma diganti tanda titik contoh lebar kolam 1,5  ditulis 1.5) 
  •  Harga benih per ekor --> silahkan diisi dengan harga benih sesuai dengan standar harga benih lele didaerah anda (atau kalau tidak tahu bisa diisi harga benih kami ukuran 4-6 = Rp 125,- per ekor)
  • Harga lele konsumsi per Kg --> Silahkan diisi dengan harga lele konsumsi sesuai dengan standar harga di daerah anda (atau kalau tidak tahu bisa diisi dengan harga konsumsi rata" saat ini Rp 13000,- /Kg, untuk penulisan nominal uang cukup tulis angka saja tanpa titik ataupun koma) 
  • Setelah form terisi semua silahkan tekan tombol hitung sekarang, dan data analisis keuangan budidaya ikan anda telah tersaji.

Kalkulator Budidaya Ikan versi 1.01 by hamyahya
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kalkulator Budidaya Ikan versi 1.01
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Padat Tebar Ikan  : ekor/m2

Panjang Kolam    : meter

Lebar Kolam         : meter

Harga Benih Lele per ekor        : Rp /ekor

Harga Lele Konsumsi per Kg   : Rp /Kg


Hasil Analisis Keuangan Budidaya Ikan Kolam Anda

Keterangan Data :
- Prediksi Jumlah Pakan mengacu pada rentang FCR 0,9 sampai dengan FCR 1 (prediksi FCR ini tidak berlaku untuk penggunaan benih lele masamo karena memiliki FCR sekitar 0,7 - 0,8 )
- Prediksi biaya pakan sudah kami sesuaikan dengan harga pakan saat ini dan akan terus kami update
- Prediksi Jumlah panen ikan mengacu pada tingkat kehidupan benih sampai panen (survival rate) 80 % sampai dengan 100 %
- Hasil Laba/Rugi kami hitung dalam rentang Laba minimal sampai Laba maksimal dan begitu pula ketika hasilnya minus (-) maka anda mengalami kerugian.
- Laba minimal diasumsikan pada kondisi FCR = 1 dan tingkat kehidupan 80 %
- Laba maksimal diasumsikan pada kondisi FCR = 0,9 dan tingkat kehidupan 100 %

Catatan Penting : Kalkulator budidaya ikan hanya menyajikan data analisis secara general dan belum mendetail karena bertujuan untuk memberikan gambaran umum tentang estimasi biaya dan keuntungan bagi para pembudidaya yang baru akan memulai usaha budidaya ikan lele konsumsi. Semoga ke depannya kami mampu membuat kalkulator budidaya perikanan yang  memuat variabel budidaya yang lebih komplek yang akan kami hadirkan di kalkulator budidaya versi terbaru. Silahkan tinggalkan coment untuk berbagai saran dan masukan pada kami.

Best Regards
KEBOEN IKAN - The high quality of fish hatchery

+ comments + 6 comments

July 8, 2013 at 9:26 AM

menurut saya tambahkan juga biaya pakan /kg nya.

July 16, 2013 at 7:40 PM

@angga gita purnama : siap gan....secepatnya akan saya lengkapi dan terimakasih atas masukannya...:)

July 27, 2013 at 6:51 AM

untuk ukuran tebar bibit apakah gak perlu dipertimbsngkan?

July 27, 2013 at 6:52 AM

untuk ukuran tebar bibit apakah gak perlu dipertimbsngkan?

September 2, 2013 at 2:50 PM

@naruto : untuk ukuran tebar saya asumsikan ukuran ikan lele 4-6, insya Alloh di versi selanjutnya akan saya lengkapi dengan option ukuran tebar sehingga rentang waktu panen bisa diprediksi lebih terperinci,

Terimakasih atas masukannya....
Yahya Hamitisna -085293145024(KEBOENIKAN)

December 26, 2013 at 11:46 AM

bagaimana dengan pakan tambahan bos?

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Budidaya Pembenihan Ikan lele (Keboen Ikan) - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger